Tips sebelum membeli AC untuk ruangan

Puaanaassssnya poolll… :)

KeringetanMakin panas saja sekarang ini. Apa yang yang menjadi wacana tahun-tahun sebelumnya tentang Global warming, hari ini sudah kita alami termasuk saya sendiri.. Panasnya cuaca membuat kita ingin mencari dan memasang Air Conditioner (AC) untuk ruangan kita. Biar adem…gitu.. Tapi… jangan buru-buru asal beli, tapi lihat dulu tipsnya berikut ini.. (Oops.. jangan takut, Anda tidak perlu tahu cara kerja AC ruangan kok.. :D )

1. Ukur dulu ruangan Anda, berapa kali berapa. Misalkan ruangan Anda 3×6 m2 = 18 m2

2. Tentukan berapa PK AC yang dibutuhkan. Ini sih tergantung luas ruangan yang ingin dipasang AC. Misalkan ruangannya 18 m2, maka PK AC yang dibutuhkan adalah 1 PK

Kok tahu? Nih saya kasi bocorannya di Sesuaikan PK dengan ruangan

Atau hitung cara praktis:

Luas ruangan = 18 m2
Dan rasio untuk mengukur kebutuhan ideal sebuah ruangan adalah sekitar 600 BTU/h/m2
Maka kebutuhan daya AC = 18 m2 x 600 BTU/h/m2 = 10.800 BTU/h = 1 PK

1 PK = 9.000-10.000 BTU/h
1 m2 = 600 BTU/h

Daya Pendingin AC berdasarkan PK :
AC ½ PK = ±5.000 BTU/h
AC ¾ PK = ± 7.000 BTU/h
AC 1 PK = ± 9.000 BTU/h
AC 1½ PK = ±12.000 BTU/h
AC 2 PK = ±18.000 BTU/h

3. PK AC sudah “ditangan”, langkah selanjutnya adalah datang ke tempat penjualan AC. Cari AC yang hemat listrik kalau budget memungkinkan. Karena makin irit listrik, harga AC makin mahal. AC Daikin tipe inverter adalah salah satu alternatif hemat listrik.

Bagaimana kalau budget tidak cukup dan ingin mencari AC konvensional saja…? Ini solusinya.. (dikutip dari blog diptara)

Ratio output dibanding input

AC bisa dikatakan hemat energi adalah AC yang mempunyai output cooling capacity (Btu/h) dibanding power consumption (Watt) angkanya paling besar. Artinya, semakin tinggi rationya berarti AC semakin hemat dan efisien.

AC hemat listrik

Pada contoh diatas maka AC merk Panasonic type Alowa ½ PK lah yang terbukti paling hemat energi dan efisien, baik secara besaran konsumsi energinya (watt) maupun besaran arus daya listrik (ampere) yang dibutuhkan. Urutan kedua disusul oleh AC LG Neo Plasma.

Dan kalau pada kelas AC yang berkapasitas 1 PK, AC LG menduduki peringkat pertama sebagai AC yang paling hemat energi. Baru kemudian disusul beberapa merk lain, berturut-turut seperti: Daikin, Sharp dan TCL.

TCL, AC ini adalah produk buatan dari Cina. Saya lihat banyak juga rumah-rumah, perkantoran, ruang-ruang mesin ATM yang menggunakan AC merk ini. TCL ini secara harga memang murah, sebagaimana ciri rata-rata produk Cina pada umumnya. Namun ternyata AC TCL ini justru yang paling boros atau tidak efisien diantara merk-merk AC lainnya. Silahkan bandingkan AC TCL kapasitas 1 PK ternyata cooling capacitynya tidak jauh beda dengan merk Panasonic yang kapasitasnya cuma ¾ PK, bukan?

Perlu juga digarisbawahi disini adalah kualitas AC nya. (Rekomendasi saya: AC Daikin) karena AC Daikin punya kualitas terbaik dibanding merk AC yang lainnya. Untuk harga miring kualitas eksklusif, ada baiknya dipertimbangkan merk AC Haier, AC no. 1 di Cina.

Nah sekarang silakan Anda bisa membeli AC sesuai tips yang sudah diberikan diatas…

Salam,

mangyus putraMa

Silakan isi contact form dibawah ini untuk menghubungi kami:

Nama Anda:

Email Anda:

No. HP / Flexi (Contact Person):

Kota Anda:

Judul pesan:

Catatan:

Lampiran file (kalau ada):

Jawab dengan benar: 3 + 15 = 

Masukkan kode captcha dibawah ini:

Speak Your Mind

Rekomendasiclose