Tips ganti Bola lampu pijar – Neon – Bohlam agar aman

Mengganti bola lampu pijar atau neon atau bohlam memang mudah. Tapi jika tidak hati-hati justru bisa berakibat fatal seperti kesetrum dan kebakaran karena konsleting listrik PLN. Bola lampu memiliki keterbatasan yakni umur. Jadi cepat atau lambat bola lampu yang ada di rumah anda akan mengalami keausan. Maka untuk itu Anda harus secepatnya mengganti dengan yang baru.

Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin berguna bagi anda yang berhubungan dengan bola lampu :

1. Matikan Listrik dengan mencabut sekering.
Agar anda tidak kesetrum listrik sebaiknya anda pastikan dulu bahwa saklar lampu dalam keadaan tombol mati bila perlu cabut sekering listrik anda.

2. Lampu Pecah
Gunakan buah-buahan atau sayur-sayuran keras untuk ditusuk ke lampu yang pecah agar gampang diputar untuk dilepas dari tempatnya.

3. Pengganti Lampu
Jangan menyuruh anak-anak untuk mengganti lampu yang ada di atas langit-langit karena berbahaya kalau bercanda bisa kesetrum atau terjatuh.

4. Tangga atau Pijakan yang Kuat
Pastikan tangga kuat dan tidak oleh atau goyang-goyang. Lebih baik pakai pijakan yang lebih kuat seperti bangku atau meja. Jatuh dari ketinggian satu atau dua meter bisa menyebabkan kecelakaan yang fatal.

5. Tangan Kering dan pakai alas kaki
Tangan kita jangan dalam keadaan basah atau kena air dan sebaiknya pakai alas kaki yang kering juga waktu mengganti lampu. Alas kaki fungsinya sebagai isolator agar jika tersengat listrik/kesetrum aliran listrik tidak mengalir ke bumi sehingga anda tidak merasakan kalau anda sedang kesetrum listrik.

6. Lampu Berkualitas dan hemat energi
Gunakan lampu yang berkualitas agar tidak mudah rusak dan tahan lama. Dengan begitu kita tidak harus sering-sering ganti lampu. Hemat energi juga sudah menjadi keharusan kita bersama, karena negara kita sedang krisis energi listrik. Kalau beban listrik sudah maksimal, maka yang dapat dilakukan pln adalah pemadaman listrik secara bergilir yang tentu saja sangat mengganggu kenyaman kita yang terbiasa dengan perabotan dan peralatan yang menggunakan energi listrik. (organisasi)

BAGAIMANA? ada yang mau menambahkan?

Silakan isi contact form dibawah ini untuk menghubungi kami:

Nama Anda:

Email Anda:

No. HP / Flexi (Contact Person):

Kota Anda:

Judul pesan:

Catatan:

Lampiran file (kalau ada):

Jawab dengan benar: 3 + 15 = 

Masukkan kode captcha dibawah ini:

Speak Your Mind

Rekomendasiclose